Bukan hanya sekedar seberapa besar modal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk menjadikan perusahaan itu sukses dan maju.  Namun juga sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kompetensi, maupun kecerdasan yang dapat membawa perusahaan tersebut pada pintu kesuksesan. Di dalam perusahaan ada beberapa elemen yang sangat harus diperhatikan, antara  lain ialah marketing, sales dan juga training customer service.

Marketing yang merupakan ujung tombak dari perusahaan yang dapat membawa kesuksesan ataupun kemuduran bagi sebuah perusahaan. Marketing berperan utama dalam menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan. Marketing harus memiliki strategi  dan target pasar. Inilah alasan mengapa perlu adanya marketing training. Sangatlah penting untuk memberikan pelatihan agar mereka dapat menentukan target pasar dan juga cara menetapkan harga pasar.

Sales adalah penjualan atau aktivitas bisnis yang menjual dan produk dan jasa. Sales membantu memperkenalkan barang maupun produk kepada pembeli secara langsung. Beda dengan marketing, marketing bisa dikatakan ialah keseluruhan dari kegiatan bisnis yang memiliki tujuan untuk merencanakan suatu produk, dan penetapan harga sedangkan sales hanya fokus pada penjualan produk maupun jasa yang hanya memiliki tujuan untuk meningkatkan produk dari pemasaran. Seorang sales sangat memerlukan pelatihan karena harus memiliki pengetahuan yang luas akan produk maupun jasa yang ditawarkan. Dan juga memiliki kesabaran yang besar untuk menghadapi para konsumen.

Customer service adalah kegiatan untuk memberikan kepuasan bagi setiap konsumen melalui pelayanan. Dalam menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi oleh konsumen. Customer service juga perlu diberikan pelatihan cara menyelesaikan masalah dan juga bersabar.

Kiat-Kiat Pelatihan Untuk Pengembangan Setiap Karyawan

–          Marketing training, perusahaan perlu memperhatikan apa yang diperlukan oleh seorang marketing, memberikan pelatihan dalam menentukan harga pasar, fokus dalam penjualan. Menyampaikan materi mengenai pembahasan tugas para marketing. Melakukan evaluasi kerja marketing.

–          Sales training, perusahaan perlu memperhatikan kebutuhan dari seorang sales, dan memberikan  pelatihan bagi mereka untuk mengenal produknya dan cara untuk menghadapi konsumen pada saat sedang berhadapan langsung. Pelatihan mengenai tata bicara yang sopan dan prosedur dalam perusahaan.

–          Customer service training, perusahaan harus tahu kualitas dari layanan dari customer service  dan seberapa cepat dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh konsumen. Ini sangatlah perlu karena pelayanan terbaik sangat dibutuhkan oleh para konsumen. Sehingga bisnis semakin lancar. Memberikan pelatihan service excellence akan sangat membantu karyawan untuk bisa memberikan pelayanan secara tepat dan dengan cepat. Memberikan pelatihan dalam menyelesaikan masalah secara profesional, sehingga karyawan mampu memberikan pelayan terbaik, secara aman, ramah, cepat dan akurat.  Serta dapat membuat para konsumen merasa senang akan pelayanan yang diberikan.  Pelatihan ini juga memiliki tujuan untuk pengalaman kerja untuk dapat meningkatkan kualitas pada para konsumen.

Agar dapat mengetahui apakah pelatihan dan pengembangan karyawan berjalan secara efektif maupun tidak, maka kita perlu untuk melakukan perbandingan antara kinerja karyawan sesudah maupun sebelum kita memberikan training. Kita perlu tau apakah ada perubahan sebelum dan sesudah dari pemberian pelatihan tersebut, apabila belum, maka kita perlu memberikan pelatihan lanjut.

Tags:

0 Comments

Similar Posts