Perkembangan teknologi kini memberikan lebih banyak pilihan bahan konstruksi bangunan yang lebih ekonomis seperti kaso metal yang kuat dan ekonomis.

Mengenal Material Baja Ringan

Materi logam atau metal yang umum digunakan sebagai material konstruksi atap bangunan adalah baja ringan. Material ini merupakan perpaduan beberapa material logam sebagai materi utama dan materi komplementer untuk menghasilkan bahan konstruksi bangunan yang sekuat baja; tetapi lebih ringan dan juga lebih murah. Terdapat dua jenis kaso baja ringan yang umum ditemukan berupa baja ringan jenis Galvalum dan Zincalume. Keduanya dibedakan oleh bahan campuran dan lapisan yang digunakan.

Bahan baja ringan juga dibedakan berdasar beberapa kategori; salah satunya adalah angka tegangan tarik yang dimiliki. Bahan dengan angka tegangan tarik tinggi seperti G550 akan memiliki kekuatan lebih jika dibandingkan dengan G330. perbedaan tersebut akan menentukan peruntukan bahan sebagai bahan konstruksi di bagian bangungan yang berbeda. Bahan dengan angka tarik rendah akan memiliki sifat lebih lentur dan lunak sehingga lebih memungkinkan untuk dibentuk sesuai kebutuhan.

Perbedaan lain yang dapat dijadikan pembeda sekaligus referensi untuk memilih bahan adalah angka ketebalan baja ringan. Bahan untuk kaso umumnya memiliki ketebalan 0,45 hingga 1 mm; sedangkan untuk kolom yang menahan konstruksi lebih besar akan memiliki ketebalan 1 mm hingga 2 mm dengan bentuk profil C. Bahan dengan spesifikasi lebih tipis dengan ketebalan 0,2 mm umumnya digunakan sebagai reng atau landasan genteng.

Beberapa Kelebihan Kaso Metal

Bahan logam yang ringan memberi alternatif bahan konstruksi bangunan yang lebih mudah tanpa kehilangan kualitas dan kegunaan. Salah satunya adalah penggunaan kaso baja ringan sebagai material bangunan yang menggantikan bahan kayu. Ada beberapa kelebihan dari penggunaan kaso dari bahan metal atau logam yang ringan.

  • Kelebihan utama dari kaso metal adalah harga yang lebih ekonomis. Perhitungan harga ekonomis dari penggunaan kaso dengan bahan tersebut berkaitan dengan daya tahan dan usia pakai yang panjang. Berbeda dengan kaso dari bahan kayu yang lebih mudah lapuk termakan usia; terutama setelah terpapar panas dan kelembaban secara bergantian. Konstruksi atap baja ringan juga aman dari serangan rayap yang lazim menyerang kayu. Hal ini menjadi kelebihan lain yang membuat konstruksi atap baja ringan menjadi lebih tahan lama dan tidak membutuhkan perawatan.
  • Daya tahan dan usia pakai yang panjang bisa diperoleh berkat sifat baja ringan yang tahan karat. Sifat ini sangat penting karena berkaitan dengan daya tahan terhadap korosi yang merupakan masalah umum bahan logam. Sebagai bahan yang tahan korosi; kaso baja ringan tidak mudah rusak karena pengaruh cuaca dalam jangka panjang.
  • Faktor lain dari nilai ekonomis kaso metal adalah kekuatan yang handal dan bobot ringan sehingga dibutuhkan lebih sedikit material jika dibandingkan kayu untuk memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan dengan ukuran yang sama. Bahan yang lebih sedikit juga berarti proses pemasangan yang lebih cepat.

0 Comments

Similar Posts