Struktur baja ringan telah banyak digunakan oleh para arsitektur, hal ini disebabkan karena dengan menggunakan baja ringan akan lebih mudah dan cepat proses pembangunan suatu bangunan. Membangun bangunan apalagi rumah merupakan kebutuhan bagi semua orang, hak ini karena rumah adalah tempat tinggal untuk berteduh, beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Memiliki rumah yang kuat dan tahan lama menjadi keinginan semua orang, dengan menggunakan material berupa baja ringan maka rumah yang Anda idam-idamkan dapat terealisasikan. Merk baja ringan pun dapat berbeda-beda.

Namun, bagi para arsitektur dan para pembuat bangunan perlu tahu bagaimana proses dan tahapan membangun rumah dengan menggunakan struktur baja ringan, agar rumah yang akan dibuat menjadi rumah yang kokoh lagi berkualitas. Pastikan juga menggunakan merk baja ringan yang bagus.

Berikut ini adalah ulasan mengenai tiga tahapan untuk membangun rumah dengan material struktur baja ringan:

  1. Persiapan

Hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah melakukan persiapan dari berbagai segi. Persiapan tersebut berupa menggambar perencanaan atap dan posisi peletakan kuda-kuda, mempersiapkan perlengkapan alat-alat yang harus digunakan untuk pemasangan kuda-kuda, dan terakhir adalah mempersiapkan K3 ( kesehatan dan keselamatan kerja).

  1. Penyamarataan dan pengadaan

Apabila segala persiapan telah dipersiapkan dengan baik, tahap selanjutnya adalah leveling and marking yaitu penyamarataan dan pengadaan, yaitu:

Pertama, perlunya memastikan meratanya permukaan siku dan ring balok

Kedua, pastikan rangkaian pada ring balok sudah terikat dan sudah tersambung dengan baik dan benar.

Ketiga, ukurlah jarak antar truss dan berikan tanda posisi untuk meletakkan truss sesuai gambar pada rencana kerja

  1. Pemasangan kuda-kuda

Tahapan terakhir adalah pemasangan kuda-kuda, pastikan nomor urutan tidak ada yang terbalik, jangan lupa juga untuk mengecek kuda-kuda yang telah berdiri tegak lurus dengan ring balok. Gunakanlah plat L untuk pengencangan kuda-kuda , selain itu gunakanlah dynabolt untuk mengencangkan plat L serta tambahkan balok sebagai penopang sementara agar kuda-kuda tidak berubah posisi. Kemudian adalah memasang material balok nok, bracing, reng, outrigger dan reng langit-langit pada permukaan bagian atas bottom chord kuda-kuda dan sekrup. Kurang lebih berbeda merk baja ringan akan sedikit mempengaruhi teknik pemasangan kuda-kuda ini.

Demikianlah tiga tahap membangun rumah dengan struktur baja ringan yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat.


0 Comments

Similar Posts