Pengertian penerangan jalan umum

Penerangan jalan umum atau lebih dikenal dengan lampu PJU tenaga surya adalah lampu yang berada di jalan berfungsi untuk menerangi jalan di malam hari dan membantu pejalan kaki, kendaraan, agar dapat melihat jalan yang lebih jelas. Dengan demikian lampu jalan di malam hari dapat melindungi pejalan kaki dari hal-hal yang tidak diinginkan dan meningkatkan keselamatan berlalu lintas.

Fungsi penerangan jalan umum

Selain fungsi dapat menerangi jalan di malam hari, berikut adalah beberapa fungsi penerangan jalan umum secara rinci, antara lain:

  1. Membantu petunjuk jalan untuk pengguna jalan
  2. Menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan
  3. Menjaga keamanan lingkungan sekitar
  4. Lampu jalan memberikan tambahan estetika pada jalan

Rekayasa sumber listrik lampu PJU tenaga surya

  1. Sinar Surya

Penerangan jalan umum dibiayai langsung oleh pemerintah. Lampu PJU tenaga surya banyak ditemukan di kota-kota besar dan kota yang sudah mendapat aliran listrik. Lalu bagaimana dengan kota ataupun daerah yang belum terjamah oleh listrik?. Seperti yang kita ketahui bahwa pembangunan yang ada di Indonesia masih belum merata salah satunya adalah aliran listrik. Banyak daerah di pelosok Indonesia yang belum merasakan manfaat listrik. Jangankan untuk menerangi lampu jalan, untuk membantu aktivitas sehari-haripun tidak pernah daerah tersebut dapatkan.

Alternatif sumber listrikpun diciptakan untuk daerah yang tidak mendapat aliran listrik. Salah satunya adalah penerangan jalan umum bertenaga surya. Sumber tersebut berasal dari sel sinar surya atau tenaga matahari yang diambil pada siang hari. Sel sinar surya ditangkap menjadi daya energi listrik dengan disimpan dalam aki, yang kemudian digunakan untuk menerangi jalan pada malam hari.

Setelah sumber didapatkan, selanjutnya dilakukan cara untuk dapat menghemat energi listrik yang dikeluarkan untuk penerangan jalan umum bertenaga surya. Salah satunya adalah menggunakan lampu berteknologi LED yang hemat energi dan dapat hidup lebih lama. LED dapat menghemat daya sampai dengan lima puluh ribu jam sumber daya yang digunakan dibandingkan dengan teknologi lain seperti lampu AC yang tidak bertahan lama. Dengan adanya sumber alternatif lampu jalan diharapkan juga dapat menekan biaya operasional lampu jalan.

  1. Angin

Sumber lain yang dapat menghasilkan daya listrik untuk lampu PJU tenaga surya di daerah yang belum terjangkau oleh aliran listrik adalah dengan memanfaatkan tenaga angin. Tenaga angin didapat dari kincir-kincir yang dibuat dan berputar karena tertiup angin. Kincir yang berputar tersebut mulai menggerakkan dan memutar mesin generator yang dapat menyimpan daya listrik untuk menghidupkan penerangan jalan umum. Sistem menggunakan tenaga angin ini sangat cocok diaplikasikan pada daerah Indonesia yang memiliki angin sepanjang hari.

Itulah beberapa sumber alternatif penerangan jalan umum bertenaga surya yang ada di Indonesia.


0 Comments

Similar Posts