Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa percetakan buku Anda, ada hal yang perlu Anda perhatikan yaitu bagaimana Anda memilih percetakan untuk mencetak buku Anda? Apa Anda tertarik mencetak buku sendiri dengan sistem Print On Demand atau melalui Penerbit? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu Anda jawab dengan yakin, agar Anda tidak salah mengambil langkah. Sebab, mencetak buku merupakan proses yang sangat penting untuk dapat menghasilkan buku sesuai dengan tujuan Anda. Pilihlah sistem percetakan buku sesuai dengan kebutuhan Anda, dengan memperhatikan keuntungan-keuntungan maksimal yang dapat Anda peroleh.

Print On Demand Memfasilitasi Penulis Baru

Banyak pihak beranggapan bahwa kemunculan sistem jasa percetakan buku secara Print On Demand menjadi pilihan bagi penulis baru untuk dapat mencetak buku dengan mudah dan cepat. Hal ini tentu saja disertai dengan kelebihan sistem Print On Demand yang dapat mencetak buku dengan cepat, dan tidak bertele-tele. Anda tidak perlu melakukan revisi atau editorial jika Anda memilih sistem Print On Demand. Hal ini tentu akan memudahkan Anda jika Anda ingin segera mencetak buku Anda.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa dengan memilih mencetak buku melalui penerbit. Maka Anda akan menjalani seputar proses editing yang memakan waktu lama. Meskipun demikian, proses ini dapat membantu Anda untuk belajar bagaimana membuat naskah yang dapat diterima publik. Prosesnya memang melelahkan, namun akan sebanding dengan ilmu dan pengalaman yang akan Anda dapatkan.

Mengedit secara Individu dengan Sistem Cetak Buku Print On Demand

Print On Demand hanya akan melakukan jasa pencetakan buku sesuai dengan permintaan Anda, tanpa melalui editorial terlebih dahulu. Oleh karenanya Anda perlu melakukan editing naskah sendiri sebelum dicetak. Hal ini tentu memerlukan keahlian dan kecermatan Anda dalam mengedit naskah Anda. Tentu saja hal ini tidak akan semudah jika Anda memilih untuk mencetak melalui penerbit terlebih dahulu. Sebab, penerbit akan melakukan pengecekan naskah Anda agar layak cetak terlebih dahulu. Anda perlu memastikan segala hal yang berkaitan dengan isi dan tampilan atau desain buku telah Anda kerjakan dengan maksimal. Baru selanjutnya Anda dapat melakukan pencetakan buku dengan Print On Demand.

Kekurangan Print On Demand dalam Pemasaran Buku

Jika buku telah selesai dicetak dengan sistem Print On Demand, maka buku akan dikirimkan ke penulis untuk selanjutnya dipasarkan secara individu. Namun, jika pencetakan buku dilakukan melalui penerbit, maka buku selanjutnya untuk proses pemasaran dan pengiriman buku ke toko-toko buku akan difasilitasi oleh penerbit. Sebagai penulis, maka mencetak buku melalui penerbit akan sangat membantu Anda, sebab dengan reputasi yang telah dimiliki oleh perusahaan penerbit, mereka dapat dengan mudah memasarkan buku Anda ke berbagai tempat. Semua hal yang berkaitan dengan penjualan buku akan di handle oleh penerbit. Hal ini menjadi kemudahan bagi Anda penulis buku jika mencetak buku melalui penerbit terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan jasa percetakan buku dengan individu atau Print On Demand, maka Anda harus berusaha keras agar buku Anda masuk kedalam pasar yang sudah Anda.


0 Comments

Similar Posts