Griddle yang dijual adalah alat masak berbentuk plat metal bisa memiliki jenis panas yang umum pada alat-alat masak lain, yakni gas atau listrik. Banyak yang beranggapan bahwa griddle gas memiliki respon yang lebih cepat dan kontrol yang lebih baik, tapi sebenarnya kedua hal tersebut tergantung dari baik pemanasnya maupun bahan plat griddle. Kalau material plat-nya memiliki koefisien transfer panas yang cukup, meskipun menggunakan sumber listrik, bisa memiliki pemerataan panas yang bagus dibandingkan dengan plat baja yang dipanaskan dengan gas.

Griddle gas adalah tipe yang paling umum digunakan. Ini karena memang alat masak pada umumnya menggunakan gas sebagai bahan bakar api pemanas dalam lingkungan dapur komersial seperti yang ada di hotel, restoran, atau catering, yang sering disebut sebagai horeca. Griddle gas dikenal dengan kecepatan pemanasannya dan suhu yang lebih konsisten. Ini karena lapisan gas panas dari api akan menyebar merata di bawah permukaan plat.

Griddle listrik biasanya dijual menggunakan plat yang lebih tipis dibandingkan griddle gas. Ini agar transfer panas yang terjadi bisa lebih merata. Biasanya elemen pemanas berbentuk seperti batang yang didesain agar memanaskan plat di atasnya secara lebih optimal. Batang pemanas yang bentuknya biasa mengular itu akan terkontak langsung dengan plat griddle yang biasanya posisinya sudah terkunci agar plat tidak bergerak kemana-mana saat sedang digunakan untuk memasak.

Tipe listrik biasanya lebih murah dibandingkan dengan tipe gas untuk ukuran griddle yang sama, terutama karena ketebalan plat yang lebih tipis, juga bisa karena biaya pembuatan yang lebih murah atau sistem kontrol yang lebih sederhana dibandingkan dengan griddle gas. Meskipun jual griddle listrik seringkali kalah produktif dibandingkan tipe gas, sistemnya yang lebih sederhana memungkinkan griddle listrik bisa lebih awet dibandingkan tipe gas.

Dengan dua pilihan sumber pemanas untuk griddle ini, pemilik dapur memiliki pilihan yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Pemilihan sumber panas alat masak bisa mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan oleh pemilik dapur.


0 Comments

Similar Posts