Pada saat ini sudah mulai banyak rumah-rumah pribadi yang mengkombinasikan pemakaian energi listriknya yang bersumber dari PLN atau Perusahaan Listrik Negara dengan penggunaan energi yang bersumber dari sinar matahari dengan menggunakan  solar cell untuk rumah. Mari simak pembahasan kita kali ini tentang hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemasangan solar cell untuk rumah tersebut.

Posisi atau Lokasi Rumah

Sebelum memasang solar cell untuk rumah perlu kita perhatikan dan cermati terlebih dahulu tentang lokasi rumah agar pemasangan solar cell untuk rumah dapat lebih optimal. Seperti contohnya, untuk rumah-rumah yang berlokasi di Kalimantan, atau lebih tepatnya berlokasi di propinsi Kaltim atau Kalimantan Timur yang terletak dan dilewati oleh garis khatulistiwa, maka akan memiliki potensi mendapatkan daya energi dari sinar matahari sebesar maksimal antara empat kWh per hari hingga lima kWh per hari jika solar cell untuk rumah dipasang dengan  kemiringan yang menghadap ke arah selatan. Nah bagi rumah-rumah yang berlokasi di bawah garis khatulistiwa maka sebaiknya pemasangan solar cell untuk rumah menghadap ke arah utara, sedangkan bagi rumah-rumah yang lokasinya berada di atas garis khatulistiwa arah hadap pemasangan solar cell untuk rumah nya adalah ke arah selatan, dengan derajat kemiringan berkisar  antara lima derajat hingga lima belas derajat.

Luas Atap, Tingkat Kemiringan Dan Jenis Atap Rumah

Hal yang penting juga diperhatikan adalah jika arah hadap atap rumah tidak sesuai arah hadapnya, yakni ke utara bagi rumah-rumah yang lokasinya berada di atas garis khatulistiwa, atau hadap selatan bagi rumah-rumah yang berada di atas garis khatulistiwa, maka pemasangan solar cell untuk rumah menjadi kurang optimal, dengan tingkat kekurangan efisiensi mencapai antara 5 persen hingga 40 persen tergantung juga dengan tingkat kecuraman kemiringan atap rumahnya. Rata-rata derajat kemiringan atap rumah-rumah di Indonesia itu adalah sekitar antara dua puluh lima derajat hingga empat puluh lima derajat, sedangkan kemiringan ideal solar cell untuk rumah adalah sekitar lima persen, semakin curam kemiringannya maka kemampuan serap dan konversi sinar mataharinya akan menjadi semakin berkurang, namun hal tersebut dapat diatasi dengan pemilihan jenis bahan solar cell untuk rumah yang tepat, dan menghitung dengan cermat luas atap yang akan dipasangi solar cell untuk rumah tersebut, lalu juga upayakan dan pilih agar lokasi atap benar-benar bebas dari halangan bayangan bangunan lain atau pohon atau penghalang sinar matahari yang lain akibat posisinya yang lebih tinggi dari atap yang akan dipasangi solar cell untuk rumah tersebut. Juga perhatikan jenis bahan atapnya, apakah yang terbuat dari material yang menyerap panas juga atau yang lebih banyak memantulkan sinar matahari dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai hal-hal apa saja yang perlu kita perhatikan dalam pemasangan solar cell untuk rumah.


0 Comments

Similar Posts